24 May

Mengenal Komponen Yang Ada Pada Handphone

Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat sering menggunakan handphone. Ini merupakan suatu barang yang sangat berharga dan juga wajib dibawa kemana-mana. Benda yang satu ini sangatlah populer dikalangan masyarakat seluruh belahan dunia. Tak sedikit dari kita yang menganggap benda ini adalah benda yang paling berharga. Handphone memang memiliki manfaat yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu fungsi handphone yang paling umum adalah sebagai alat komunikasi elektronik dua arah yang juga bisa digunakan untuk mengirim pesan. Bukan hanya sebagai alat komunikasi saja namun telah berkembang menjadi alat dengan fungsi lainnya seperti sebagai media hiburan, media bisnis, dan sebagainya. Kini kita mengenal istilah smartphone atau ponsel pintar. Sebutan untuk handphone yang bisa digunakan untuk melakukan banyak hal.

Martin Cooper merupakan penemu pertama dari sistem telepon genggam. Ia merupakan karyawan dari perusahaan Motorola. Ia menemukan handphone untuk pada tahun 1973. Ada juga yang mengatakan bahwa penemu telepon genggam bukan hanya Martin Cooper namun juga seluruh anggota tim dari divisi yang ada bersamanya. Tipe pertama dari handphone adalah Dyna TAC. Ide dari tipe ini dicetuskan oleh Cooper. Dimana alat tersebut bisa dibawa kemana-mana dengan cara yang fleksibel.

Menggunakan handphone bukanlah hal yang sulit, hal ini dapat di lihat dari lingkungan sekitar kita dimana anak-anak yang masih memiliki usia yang terbilang masih muda sudah bisa mengotak-atik benda ini. Namun, sebagian besar dari pengguna handphone hanya bisa mengoperasikannya saja dan tidak mengerti mengapa benda tersebut bisa beroperasi. Mungkin sebagian ada yang penasaran mengapa benda tersebut bisa beroperasi dan apa saja komponen-komponen yang terdapat dalam handphone tersebut. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, mari kita simak ulasan dibawah ini.

Komponen-komponen Yang Terdapat Dalam Handphone

Handphone terdiri dari beberapa komponen yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Komponen-komponen ini sangat berguna dan saling berkaitan dalam proses pengoperasian handphone. Adapun komponen-komponen handphone yang terdapat pada handphone tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Hardware

Ini merupakan komponen ponsel secara fisik yang dapat dilihat dan juga disentuh. Cara kerja dari hardware ini sangat tergantung pada software, karena perintah yang dijalankan berdasarkan atas perintah software.

Hardware pada handphone pada terdiri dari:

  • Layar

Sebuah smartphone tidak dapat dikatakan smartphone apabila tidak memiliki layar. Nah, untuk itu layar menjadi komponen utama dari berhasilnya sebuah smartphone. Menariknya, smartphone sendiri memiliki beragam jenis layar yang dipakai oleh banyak vendor. Namun, dari banyaknya layar yang ada, layar ponsel terbagi menjadi dua kategori, yakni LCD yang memakai teknologi IPS dan LED yang menggunakan teknologi AMOLED atau Super AMOLED.

  • Stylus dan keyboard

Perangkat Windows Mobile tidak memiliki keyboard fisik standar. Input teks dilakukan dengan menggunakan panel input dan stylus. Secara umum, panel input adalah jendela standar pada layar sentuh yang menampilkan metode input, memungkinkan pengguna untuk memasukkan data dalam berbagai cara. Windows Mobile Professional dan Windows Mobile Classic menyertakan metode input keyboard QWERTY yang disederhanakan dan metode masukan pengenalan tulisan tangan. Stylus adalah penunjuk untuk mengakses layar sentuh dan metode input.

  • Hardware keys

Perangkat Windows Mobile dilengkapi dengan beberapa tombol perangkat keras, yang dapat ditekan, diklik dua kali, atau ditekan bersama tombol lain. Kunci-kunci ini memungkinkan pengguna untuk memulai aplikasi, menavigasi daftar, membuka catatan, dan menutup bidang dan kotak dialog, dan perilaku beberapa kunci ini dapat dimodifikasi secara terprogram.

  • Audio input

Untuk perangkat yang mendukung audio, mikrofon internal biasanya terletak di bagian depan perangkat sehingga pengguna dapat melihat layar saat merekam. Perangkat lunak codec identik dengan manajer kompresi audio komputer desktop (ACM). OEM dapat menambahkan jack mikrofon untuk mikrofon eksternal. Soket transparan untuk perangkat lunak.

  • Audio output

Anda dapat menggunakan speaker built-in untuk memutar suara yang terkait dengan acara pemberitahuan. Anda juga dapat menggunakan speaker untuk memutar rekaman suara, file.wav lainnya, atau untuk output panggilan nada ganda multi frekuensi (DTMF). Beberapa OEM dapat menambahkan jack headphone untuk headphone, speaker eksternal, atau perangkat audio-out lainnya. Soket ini transparan untuk perangkat lunak.

  • Opsi notifikasi

OEM dapat memberikan beberapa opsi pemberitahuan untuk perangkat: audio, dioda pemancar cahaya lampu kilat (LED), atau kontrol getaran seperti yang ada pada telepon seluler dan pager.

  • Baterai

Baterai merupakan sebuah komponen penyimpanan energi listrik yang digunakan oleh ponsel.

  • Memori

Perangkat Windows Mobile hadir dengan jumlah minimum RAM tergantung pada SKU. Karena penting untuk menghemat memori pada perangkat Windows Mobile, banyak komponen sistem operasi perangkat dikompresi dalam ROM. Ketika seorang pengguna membutuhkan komponen, sistem operasi mendekompresi komponen itu dan mentransfernya ke RAM.

  • Port serial built-in

Perangkat Windows Mobile dilengkapi dengan port serial internal dan beberapa OEM mungkin termasuk port serial kedua. Perangkat Windows Mobile dapat terhubung ke komputer desktop dengan menggunakan kabel serial atau dudukan dock opsional, tersedia dari banyak pabrikan perangkat, yang terhubung ke komputer desktop.

  • Port serial komunikasi inframerah

Perangkat Windows Mobile termasuk port serial yang sesuai dengan spesifikasi Inframerah Data Association (IrDA). Perangkat Windows Mobile dapat berkomunikasi dengan perangkat Windows Mobile lainnya, perangkat berbasis Windows Embedded CE lainnya, perangkat komputasi genggam, atau komputer desktop.

  • Slot kartu penyimpanan

Banyak perangkat Windows Mobile menyertakan satu slot kartu penyimpanan atau lebih yang dapat Anda gunakan untuk kartu memori yang dapat dilepas dari berbagai jenis. Kartu-kartu ini biasanya digunakan untuk media (seperti musik atau gambar), aplikasi, atau penyimpanan data. Beberapa perangkat juga memiliki bagian memori persisten internal yang berfungsi seperti kartu penyimpanan, meskipun tidak dapat dilepas. Lihat Manajemen File dan Aplikasi untuk informasi tentang opsi pemrograman yang terkait dengan kartu penyimpanan.

  • CPU

Merupakan perangkat utama dari HP yang menjalankan program-program dari memori dan meneruskannya pada komponen-komponen yang lain, agar komponen dapat bekerja. CPU juga merupakan pengontrol terhadap kinerja komponen-komponen pada Hand Phone.

  • Power

Berfungsi sebagai distributor daya ke hampir semua komponen yang ada di Hand Phone.

2. Software

Software (Perangkat Lunak) yaitu sesuatu yang dapat dilihat atau didengar tetapi tidak dapat dipegang atau diraba, tergantung posisi atau tempat dimana software itu sendiri berada. Sebagai gambarannya, software dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok atau bentuk seperti tampilan atau gambar yang dapat kita lihat pada layar monitor atau LCD dan berupa suara baik suara yang keluar maupun suara yang masuk. Berikut ini akan saya coba bahas beberapa sistem operasi mobile yang banyak digunakan saat ini, yaitu :

  • Java OS

Sebenarnya OS ini bisa dikatakan bukan operating system sejati. Karena masing-masing vendor akan menerapkan sistem yang berbeda untuk produknya. Kebanyakan java ini digunakan untuk capabilitas aplikasi dari pihak ketiga, misalnya java game atau aplikasi handphone lainnya. Sistem operasi ini memiliki kelebihan open source serta membutuhkan memory & prosesor yang relatif kecil. Sedangkan kelemahannya yang paling utama adalah tidak (belum) support multi tasking (beberapa aplikasi berjalan bersamaan). Sehingga ponsel tersebut tidak memiliki tombol untuk switaplicatoin atau gambar.

  • Symbian OS

Sebelum munculnya Android dan iOS, dunia sistem operasi mobile dikuasai oleh sebuah nama yaitu Symbian OS. Symbian adalah sistem operasi yang tak bebas bergerak yang dikembangkan oleh Symbian Ltd yang dirancang untuk digunakan mobile. Pada awalnya saham Symbian dikuasai oleh Nokia (47,9%),Ericsson (15,6%), Panasonic (10,5%), Samsung (4,5%), Siemens/BenQ(8,4%), Sony Ericsson (13,1%). Pada tahun 2000, mulai banyak pabrikan ponsel yg mengadopsi teknologi Symbian.

Tak ketinggalan Sony & Sanyo pun melisensi Symbian OS pd tahun 2000. Diikuti Fujitsu & Siemens pd tahun 2001. Kemudian pd tahun 2002 Samsung juga ikut membeli lisensi. Symbian sendiri terdiri atas beberapa jenis OS(Operating System) yaitu Symbian S60, S80, S90 dan UIQ. Sistem operasi ini ditulis dengan bahasa C++. Awalnya sistem operasi ini merupakan OS yang close source, namun dalam perkembangannya, sistem operasi ini berubah menjadi open source dan memungkinkan banyak pihak untuk mengembangkan aplikasi yang bisa dioperasikan di ponsel ber-OS symbian.

  • Windows mobile OS

Sistem Operasi Windows Mobile adalah versi mobile dari sistem operasi PC paling populer, Windows, keluaran Microsoft. Sistem operasi ini didesain khusus agar bisa berjalan pada smartphone dan perangkat mobile. Sistem operasi yang awalnya dirilis dengan nama Pocket PC 2000 ini hampir semuanya dilengkapi stylus pen yang digunakan sebagai ‘mouse’ pada layar ponsel. Windows mobile juga mengalami pengembangan dari waktu ke waktu. Versi-versi yang telah dirilis meliputi :

  1. Pocket PC 2000
  2. Pocket PC 2002
  3. Windows mobile 2003
  4. Windows mobile 2003 SE
  5. Windows mobile 5
  6. Windows mobile 6
  • Palm OS

Palm OS (juga dikenal sebagai Garnet OS) adalah suatu sistem operasi mobile yang sudah dihentikan. Pada awalnya dikembangkan oleh Palm, Inc., untuk personal digital assistant (PDA) pada tahun 1996. Palm OS dirancang untuk kemudahan penggunaan dengan layar sentuh berbasis graphical user interface. Hal ini didukung dengan paket aplikasi dasar untuk manajemen informasi pribadi. Versi OS selanjutnya ditambahkan dukungan untuk smartphone.

Sistem operasi ini ditulis dengan bahasa pemrograman C/C++ dan bersifat close source. Contoh perangkat yang menggunakan sistem operasi Palm adalah Palm Treo 680. Smartphone ini menggunakan system operasi Palm OS 5.4.9. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express, Microsoft Media Player, Palm files, PDF viewer, Adobe Acrobat reader, eReader, Pocket Tunes, dan Document To Go.

  • Android OS

Ini merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Sistem operasi ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Ini merupakan sistem operasi yang open source dan dikembangkan oleh google. Karena ini open source, maka banyak orang menggunakannya dan sistem operasi android juga memiliki banyak fitur yang memikat hati pengguna.

  • BackBerry OS

 

BlackBerry OS adalah sistem operasi seluler eksklusif yang dikembangkan oleh BlackBerry Limited untuk jajaran perangkat genggam smartphone BlackBerry-nya. Sistem operasi menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh BlackBerry untuk digunakan dalam handheld-nya, terutama trackwheel, trackball, dan yang terbaru, trackpad dan layar sentuh.

Platform BlackBerry mungkin paling dikenal dengan dukungan asli untuk email perusahaan, melalui Java Micro Edition MIDP 1.0 dan, yang lebih baru, subset MIDP 2.0, yang memungkinkan aktivasi dan sinkronisasi nirkabel lengkap dengan Microsoft Exchange, Lotus Domino, atau email Novell GroupWise, kalender, tugas, catatan, dan kontak, bila digunakan dengan BlackBerry Enterprise Server. Sistem operasi juga mendukung WAP 1.2.

Pembaruan pada sistem operasi dapat secara otomatis tersedia dari operator nirkabel yang mendukung layanan BlackBerry atas pemuatan perangkat lunak perangkat lunak (OTASL). Pengembang pihak ketiga dapat menulis perangkat lunak menggunakan kelas API BlackBerry yang tersedia, meskipun aplikasi yang menggunakan fungsi tertentu harus ditandatangani secara digital. Penelitian dari Juni 2011, menunjukkan bahwa sekitar 45% pengembang mobile menggunakan platform pada saat publikasi. BlackBerry OS dihentikan setelah rilis BlackBerry 10 pada Januari 2013, namun dukungan untuk OS yang lebih lama berlanjut hingga akhir 2013.

  • IPhone OS

Iphone OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Apple, Inc. yang dibuat untuk produk mereka yaitu iPhone dan iPod Touch. Sistem operasi ini termasuk dalam keluarga Mac OS X / Unix-like operating system. Walaupun sistem operasinya bersifat close source, namun komponennya bersifat open source sehingga memudahkan pihak ketiga untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi yang bisa berjalan pada sistem operasi ini.

User interface pada sistem operasi ini menggunakan konsep manipulasi langsung pada layar handheld dengan menggunakan multi-touch gesture. Kontrol pada interfacenya meliputi slider, swith, dan tombol. Aplikasi-aplikasi yang disertakan dalam sistem operasi ini meliputi Messaging, Calendar, Photos, Camera, Youtube, Google Maps, iPhone, Safari, dan beberapa aplikasi standar lainnya.

Itulah beberapa komponen yang terdapat pada handphone, dinama seperti yang kita ketahui bahwa semuanya itu saling berhubungan dan juga saling mendukung. Mungkin selama ini kita hanya mengenal benda ini tapi tidak banyak tau tentang apa saja komponen yang membuatnya bisa beroperasi. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat anda lebih tau dan lebih memahami tentang komponen handphone yang selama ini digunakan dalam kesehari-harian anda.