18 May

“iPhone X” Terobosan Besar Dalam Industri Smartphone Dunia

Visi Apple sejak awal adalah menciptakan iPhone dengan layar penuh. Dengan teknologi yang super cerdas sehingga dapat merespons dengan sekali sentuh, atau bahkan sekali pandang. Dengan iPhone X, visi ini menjadi kenyataan untuk sambut masa depan. Tak usah heran, dimana iPhone selalu memberikan hal-hal yang baru untuk menarik perhatian banyak orang.

Apalagi iPhone ini dikabarkan untuk menawarkan dua pilihan penyimpanan internal dengan kapasitas besar yakni 64 GB dan 256 GB yang artinya dapat digunakan untuk menyimpan berbagai konten multimedia. Bagaimana tidak, seseorang itu tidak tertarik untuk memiliki Smartphone yang satu ini. Namun, seperti apakah iPhone X itu? Untuk mengetahui lebih dalamnya, terus ikutin ulasan di bawah ini.

iPhone X Dengan Teknologi Super Retina

Dalam sesi presentasi Chief Design Officer Apple, Jonathan Ive, mengatakan bahwa iPhone X diucapkan sebagai iPhone Ten. Bocoran tersebut berasal dari daftar yang dirilis oleh badan sertifikasi ponsel di China, Chinese Ministry of Industry and Information Technology Telecommunication Equipment Certification Center (TEENA).

Sekadar informasi, iPhone X hadir dengan teknologi Super Retina untuk layar smartphone berdiagonal 5,8 inci dengan konsep desain layar OLED berbingkai tipis. Dalam hal kemampuan hardware, iPhone X dipersenjatai chip A11 Bionic berbasis Neural Engine yang diklaim memiliki kemampuan lebih baik dari generasi sebelumnya.

Dengan model top-end seharga £1,149 (Rp20 juta), pelanggan membayar biaya premium untuk menukar sensor sidik jari mereka dengan pemindai wajah dan kemampuan membuat animasi monyet atau emoji kotoran meniru muka mereka. Salah satu fitur yang disematkan adalah adanya teknologi pembukaan kunci layar dengan deteksi wajah atau FaceID dan sudah tidak menggunakan tombol home.

Teknologi ini untuk pertama kalinya diterapkan pada iPhone X karena para pendahulunya seperti iPhone 8 dan 8 Plus masih belum memiliki teknologi tersebut, begitupun dengan smartphone merk lainnya seperti Samsung atau Sony dan yang lainnya. Diucapkan ‘iPhone sepuluh’, seperti angka Romawi yang diwakilinya, perangkat diluncurkan bersamaan dengan iPhone 8 dan 8 Plus saat sebuah acara di “kampus luar angkasa” perusahaan yang baru di California.

Seiring dengan desain tepi-ke-tepi yang radikal, iPhone X mencakup teknologi baru yang memungkinkan pengguna membuka kunci handset dengan wajah mereka, serta emuel animasi yang disebut ‘Animojis’ yang mencerminkan ekspresi wajah pengguna.

Apple memperkenalkan berbagai hardware terbaru yang akan segera diluncurkan pada tahun ini, diantaranya adalah Apple Watch, Apple TV, iPhone 8 dan juga project terbaru Apple yaitu iPhone X. Ikutin ulasan di bawah ini untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai iphone X.

Spesifikasi Lengkap iPhone X

Layar iPhone X memiliki sudut melengkung yang mengikuti desain lekukan yang indah dan semua sudut ini berada di dalam bidang persegi standar. Jika diukur sebagai persegi standar layarnya berukuran 5,85 inci secara diagonal (area tampilan berukuran lebih kecil).

  • Desain

Apple iPhone X hadir dengan desain yang fresh, memiliki lapisan bezels dan kaca pada bagian depan dan belakang. iPhone ini dilapisin dengan penguat yang lebih dalam di kaca yang menjadikannya “Smartphone paling tahan lama”. Dengan desain ini, iPhone X tahan terhadap debu dan air. Gawai ini terbuat dari stainless steel dan hadir dalam dua warna, abu-abu dan perak.

Selain itu, apple juga selalu konsisten dengan desain body untuk setiap produknya yakni dengan sudut yang sedikit membundar. Adapun ukuran dimensi smartphone milik apple yang terbaru ini adalah berukuran 143.6 x 70.9 x 7.7 mm dengan berat yang hanya mencapai 174 gram saja dengan perlindungan water resistant sehingga aman digunakan di dalam air hingga kedalaman 1 meter lebih dan akan mampu bertahan selama 30 menit.

iPhone X memiliki hardware, sehingga menggunakan chipset bernama Apple A11 Bionic didukung oleh CPU super cepat Hexa-core (2x Monsoon + 4x Mistral) serta menggunakan Grafis bernama Apple GPU dengan tiga inti grafis.

  • Layar OLED Tajam dan Jernih

Layar OLED pertama yang mengimbangi standar tinggi iPhone, dengan warna-warna akurat yang menakjubkan, hitam pekat, kecerahan tinggi, dan rasio kontras 1.000.000:1.

  1. Sejauh ini, layar terbaik yang pernah digunakan pada iPhone
  2. Jernih dan warna yang lebih nyata
  3. Lekukan layar bagian atas sedikit mengganggu, namun tidak menghalangi layar

iPhone X akan hadir dengan display OLED tanpa bezel. Smartphone ini dibekali oleh layar OLED Super Retina HD yang memiliki ukuran layar 5.8 inchi dengan resolusi 1125 x 2436 pixel dengan kerapatan pixel hingga 458 ppi. OLED ini sangat hemat dalam penggunaan baterai dan layar sentuhnya sangat mudah merespon dibandingkan LCD dan LED yang digunakan oleh iPhone sebelumnya.

  • Platform dan Hardware

iPhone X memiliki hardware yang super canggih dan terbaru, diantaranya adalah sudah menggunakan chipset bernama Apple A11 Bionic didukung oleh CPU super cepat Hexa-core (2x Monsoon + 4x Mistral) serta menggunakan Grafis bernama Apple GPU dengan tiga inti grafis.

Perpaduan hardware yang digunakan sangatlah berkualitas, sehingga kecepatan pembacaan file / data akan sangat cepat dilakukan. Begitupun pada saat digunakan untuk bermain game dan melakukan aktifitas grafis seperti menonton video dan sebagainya terasa sangat nyata, halus dan jernih. Lalu untuk menopang ketiga hardware tersebut di atas, iPhone X menggunakan sistem operasi teranyar, yakni iOS 11.

  • Face ID

iPhone ini tidak memiliki tombol home, layarnya menjangkau bagian depan perangkat. Pengguna dapat membangunkan dan mematikan perangkat dengan cara menggesek seluruh bagian layar. Pengguna juga bisa menggunakan kata Siri dengan mengucapkan “hey Siri” atau dengan menekan tombol samping.

Kini wajah Anda adalah kata sandi Anda. Face ID adalah cara baru yang aman dan personal untuk membuka dan mengautentikasi. Face ID dimungkinkan oleh kamera TrueDepth dan mudah disiapkan. Face ID memproyeksikan dan menganalisis lebih dari 30.000 titik tak terlihat untuk membuat peta wajah Anda dengan presisi mendalam.

Tombol home di iPhone secara historis sangat penting bagi keamanan penggunanya. Sebagai penggantinya, hadir dalam bentuk kamera depan penginderaan kedalaman yang akan membuka kunci telefon dengan mendeteksi wajah pengguna dan Apple menyebutnya FaceID.

  • All Glass Design

Kaca terkuat yang pernah ada di ponsel pintar, baik depan maupun belakang. Baja tahan karat sekelas peralatan bedah. Pengisian daya nirkabel. Tahan air dan debu.

  1. Struktur kokoh meskipun terbuat dari glass
  2. Permukaan smartphone tidak terlalu licin (tidak mudah jatuh dari genggaman)

iPhone X hadir dengan tampilan glass edge-to-edge yang menimbulkan komentar netizen tentang daya tahan smartphone ini terhadap bantingan. Pihak Apple kemudian memberikan penjelasan bahwa glass yang digunakan pada iPhone X merupakan bahan yang paling kuat serta tidak mudah pecah.

Materi glass pada iPhone X ini bukan pertama kalinya digunakan pada produk iPhone. iPhone 4 terdahulu juga hadir dengan bahan glass di bagian depan dan belakang, dengan stainless steel di bagian tengahnya.

  • Kamera

Satu hal lagi yang sangat menarik perhatian dari smarphone ini adalah kameranya. Mengapa saya katakan demikian, karena iPhone X memiliki 2 buah kamera utama dimana kamera-kamera ini posisinya ada di sudut kiri atas berjejer secara vertikal dan masing-masing berkekuatan 12 megapiksel. Sebuah fitur baru di mode potret, pencahayaan potret menghadirkan efek pencahayaan berkualitas studio yang mengagumkan.

Dengan kombinasi A11 Bionic dan kamera yang disempurnakan, Apple memperkenalkan Potrait Lighting baru, membiarkan pengguna memilih efek pencahayaannya. Bukan filter melainkan analisis real time tentang cahaya yang menabrak wajah subjek dan efek pencahayaan ini dapat ditambahkan sebelum dan sesudah foto diambil.

  • TrueDepth Camera

Kamera TrueDepth menganalisis lebih dari 50 gerakan otot wajah untuk mencerminkan ekspresi Anda ke dalam 16 Animoji. Keluarkan versi panda, kera, atau robot dari diri Anda. Kamera ini juga mendukung teknologi Augmanted Reality sehingga pengguna dapat menggabungkan konten virtual dengan dunia nyata. Pengalaman gaming pengguna pun akan berubah dengan adanya teknologi Augmanted Reality tersebut.

  • Spesifikasi 

iPhone X hadir dengan kemampuan pengisian nirkabel, berkat kaca belakang yang baru. Pengisian daya nirkabel didukung oleh Qi, yang dianggap sebagai standar dalam industri pengisian nirkabel. Ditambah lagi, daya tahan baterai dua jam lebih lama dari pada iPhone 7, karena perbaikan dalam hal perangkat lunak.

iPhone ini memiliki aksesoris baru, yaitu Airpower yang berfungsi untuk pengisian nirkabel. Yang terdiri dari prosessor A11 Bionic, desain 64-bit, enam core, dua prosesor membuat kinerja tinggi 25% lebih cepat dari pada A10 dan quadcore berefisiensi tinggi, yaitu 70% lebih cepat.

Tanpa memerlukan kabel pengisian daya, iPhone X benar-benar dirancang untuk masa depan yang bebas kabel. Isi daya menggunakan stasiun dan alas pengisian daya nirkabel di banyak hotel, kafe, dan bandara di seluruh dunia. Memperkenalkan alas AirPower. Cukup letakkan iPhone, Apple Watch, dan AirPods di mana saja di alas ini untuk mengisi daya secara nirkabel.

  • Water-resistant

Tetap hidup dalam air sekitar 30 menit. Bedakan antara waterproof dan water-resistant. Kemampuan iPhone X terhadap water-resistant hanyalah pada kedalaman air kurang lebih satu meter dan durasi sekitar 30 menit. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan water-resistant pada iPhone X masih sama seperti pada iPhone 7.

Kemampuan water-resistant ini telah dibuktikan pada iPhone 7, di mana smartphone masih bisa digunakan jika jatuh ke dalam wastafel dan terkena tumpahan air. IPhone X tahan air hingga kedalaman satu meter sampai 30 menit – sebuah rating yang dikenal sebagai IP67. Ini adalah rating yang sama terlihat pada iPhone 7 tahun lalu.

IP67 berarti akan bertahan di bak cuci atau tenggelam di toilet dan tidak akan pecah jika Anda menuangkan minuman ke atasnya, tapi Anda mungkin tidak ingin membawanya berenang.

Fakta Mengenai iPhone X

Selain dari segi layar, perbedaan iPhone X dibanding seri iPhone lainya juga terdapat pada fitur-fitur yang disematkan, seperti Face ID yang bertujuan untuk menggantikan peran dari fingerprint. Berikut ini merupakan fakta mengejutkan dari iPhone X.

  • iPhone X dibaca “iPhone Ten”

Banyak yang salah mengira, ternyata ‘X’ pada iPhone X dibaca ‘ten’ dalam arti 10 dalam angka romawi. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa iPhone X akan menjadi smarpthone yang bukan hanya 1 generasi tetapi 2 generasi lebih canggih dari iPhone 8. Sementara itu, belum ada informasi jelas mengenai apakah iPhone 9 akan diluncurkan atau tidak.

  • Tidak ada lagi ‘home’ button

Keunikan yang paling mencolok dari iPhone X adalah tidak ada lagi tombol ‘home’ yang biasa digunakan pada perangkat iPhone. Sebagai gantinya, pengguna bisa membuka smartphone tersebut hanya dengan melakukan ‘swipe’ ke atas pada layar.

  • Fitur terbaru “Face ID”

Teknologi iPhone X juga didukung oleh fitur “Face ID”. Melalui fitur ini, iPhone X akan merekam dan mengenal bentuk wajah pengguna sehingga pengguna hanya perlu menatap layar untuk membuka smartphonenya. Fitur ini disebut sebagai fitur paling aman ketimbang sistem keamanan lainnya. Berdasarkan statistik, kemungkinan dapat ditemukan pola wajah yang sama pada manusia adalah 1:1.000.000.

  • Animoji

Bermain dengan emoji adalah salah satu hal menyenangkan yang sering dilakukan oleh masyarakat dunia. Hal ini membuat Apple mengembangkan fitur baru dalam penggunaan emoji, yaitu “Animoji”, fitur emoji animasi yang dapat bergerak sesuai dengan wajah penggunanya. Melalui sensor kamera yang canggih, pengguna iPhone dapat merekam segala ekspresi yang akan dikonversi menjadi animoji dalam berbagai bentuk emoji menarik.

  • Harga

Produk terbaru iPhone X dijadwalkan akan segera dirilis pada tanggal 3 November 2017 dengan jadwal pemesanan pada tanggal 27 Oktober 2017. Produk ini dijual dalam 2 versi yaitu 64 GB dengan harga $999 atau sekitar 13 juta rupiah dan versi 256 GB seharga $1.149 atau sekitar 15 juta rupiah.

Fakta mengejutkan tentang iPhone X selanjutnya adalah tentang performanya yang sangat gahar, bahkan berkat chipset terbaru yang dibenamkan oleh Apple, yaitu A11 Bionic membuat performanya mampu menandingi MacBook Pro yang merupakan produk MacBook terbaru milik Apple.

Kelebihan Dan Kekurangan iPhone X

Dibalik kerennya desain dan fitur yang dibawa oleh iPhone X, sebaiknya anda harus mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari Smartphone ini. Kelebihan dan kekurangannya adalah sebagi berikut:

Kelebihan iPhone X

  1. Tampilan sangat indah dengan desain bodi metal yang dipadukan dengan cover kaca.
  2. Jaringan 4G LTE Cat 16 yang dapat memberikan kelancaran untuk selanjar di dunia maya.
  3. Layar lebar 5.8 inci OLED dengan resolusi 1125 x 2436 pixels sempurna untuk menonton video.
  4. Layar sudah dilapisi proteksi Scratch-resistant glass yang 80% dapat melindungi layar saat terjatuh.
  5. Memiliki sertifikasi IP67 yang artinya dapat bertahan didalam air mencapai 1 meter dalam waktu 30 menit.
  6. Berjalan pada sistem operasi iOS 11 yang memberikan tampilan antar muka sangat menarik.
  7. Kinerja cepat ditenagai prosesor Apple A11 Fusion yang dikombinasikan dengan RAM 3 GB.
  8. Dual kamera utama 12 MP ( Wide Angle dengan apeture f/1.8, Mode Bokeh ) dan 12 MP ( Telephoto dengan apeture f/2.4, 2x Optical Zoom )
  9. Kamera utama yang sudah didukung sederet fitur canggih seperti dual OIS, dual PDAF dan Quad-LED ( dual tone ) Flash.
  10. Kamera utama sudah dapat merekam video dengan resolusi 3160P@30fps yang dapat memberikan hasil video sangat jernih.
  11. Kamera depan 7 MP dengan apeture f/2.2 yang jernih untuk selfie maupun video call.
  12. Memiliki dua pilihan penyimpanan internal yakni 64 GB dan 256 GB yang dapat menyimpan banyak file.
  13. Sudah dilengkapi sensor Face ID yang merupakan fitur keamanan pemindai wajah.
  14. Baterai 2716 mAh yang diklaim mampu bertahan lama saat digunakan untuk main game.
  15. Baterai sudah dilengkapi dua teknologi pengisi daya cepat yakni Fast Charging dan Wireless Charging.

Kekurangan iPhone X

  1. Kamera depan tidak ada LED Flash.
  2. Tidak memiliki slot MicroSD untuk memperluas penyimpanan.
  3. Baterai tidak dapat dilepas ( Non-Removable ).

Maka anda tak heran jika iPhone X dibuat paling eksklusif dan paling berbeda dengan iPhone lainnya. Perbedaan yang paling mencolok adalah dari segi layar yang mengusung full view dengan rasio 19,5 : 9. iPhone ini di buat dengan sangat akurat dan sangat berbeda dengan jenis lainnya. Selain itu, produk iPhone X disebut menjadi terobosan besar dalam industri smartphone dunia. Nah, itu dia penjelasan mengenai ulasan di atas semoga bermanfaat bagi anda.